Halaman

Jumat, 02 November 2012

Manfaat si bayam


Bayam (Spinacia oleracea), sudah sejak dahulu kala orang mengenalnya dan mengetahui bahwa  memilliki banyak manfaat bagi manusia. Bayam menjadi inspirasi pembuatan film kartun serial Popeye oleh Alrie Chrisler pada tahun 1920 tokoh kartun yang dapat memperoleh kekuatannya dengan memakan bayam.
Walaupun tidak sedashyat cerita popeye, namun patut kita sadari bahwa bayam sendiri tidaklah sebatas sebagai sayur, sebagai unsure pemenuh gizi, empat sehat lima sempurana.
Di balik warnanya yang hijau dan batangnya yang menawan, ternyata banyak menyimpan sederet kandungan yang amat penting bagi tubuh kita.
Menurut Ahli Gizi Dep, Kes RI dalam setiap 100 gram bayam mengandung :
§  Vitamin A6 : 09 Si
§  Vitamin B1 : 0.10 mg
§  Vitamin c : 80 mg
Selain itu juga mengandung kalori 86,9 gram, mineral kalsium 267 ,0 mg fosfor 66,8 mg, lemak 0,5 gram, za t besi 3,9 mg,karbohidrat  6,5 gram dan protein 3,5 gram. Di dalam tubuh vitamin A berfungsi sebagai nutrisi pendukung imunitas sehingga tubuh tidak medah terserang penyakit. Juga vitamin B dimana pada awalnya vitamin B1 (tiamin) dikenal sabagai anti beri-beri serta dinilai bermanfaat juga membantu pertumbuhan manusia, selain itu juga vitamin B1 yang terkandung didalamny aberfungsi untuk memaksimalkan pengobatan karbohidrat menjadi enegi atau tenaga.
Demikian pula dengan kalium yang bermanfaat menjaga kesehatan  tulang  dan gigi atau zat besi  yang asagta bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin, kekebaln tubuh dan proses pembentukan myelin pada otak.
Kekurangan zat dapat menyebakna rendahnya kemampuan berkosentrasi pada anak. Selain memicu terjadinnya kekurangan darah atau anemia, sel darah merah sama halnya dengan sayur ran kangkung. Ada banyak car untuk menikmati bayam, dapt dijadikan lalapan, campuran pecel, kripik bayam, dll.Bayam harganya relative lebih murah, maka tidak ada alas an lagi untuk tidak menikmati khasiat bayam.




Sumber : MOP 335 JULI 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan komentar